Random Post

10:43 AM
0
Holla bray n sist, udah masuk bulan juni dan bentar lagi udah mau bulan puasa jadi ayas mau share tentang kuliner, gak apa-apalah sekali-sekali posting masalah beginian. :D
Kali ini ayas mau mereview kuliner dari kota ayas, Lamongan, yaitu Es Dawet Bathil, tepatnya berada di daerah kecamatan Solokuro, Lamongan.
warung es dawet bathil
source gambar: Muhibbuddin Danan Jaya

Nah di Lamongan sendiri jajanan ini sudah sangat populer dan sangat digemari apalagi pada saat bulan puasa, tapi bagi orang-orang diluar kota Lamongan belum begitu mengerti tentang kuliner ini bahkan ada juga orang di pinggiran/perbatasan kota Lamongan yang tidak tahu jajanan ini.
Sedikit yang ayas tahu, warung Es Dawet Bathil ini baru ayas temui hanya di desa Solokuro dan hanya satu yang dimiliki oleh Ibu Bayana, dan tempatnya pun berada disekitar persawahan.

es dawet bathil by admin
Nah kalau Es Dawet Bathil sendiri ayas kurang tahu asal penamaannya, tapi kalau tidak salah "bathil" adalah sejenis kue Apem tapi yang diolah tidak sampai ada gosongnya seperti kue Apem. Lihat gambar disamping dengan tanda merah.

Tekstur dan rasanya hampir sama dengan kue apem. Dalam satu mangkuk Es Dawet Bathil ini tidak hanya bathil saja yang ada, tapi ada juga kacang ijo, serutan agar-agar, kolang kaling, potongan-potongan Ental. Semua bahan tadi dicampur dalam satu mangkuk dan diberi sirup gula merah dan terakhir disiram dengan kuah santan dan tidak lupa diberi potongan es batu agar terasa dingin.

es dawet siwalan by info wisata lamongan
Selain Es Dawet Bathil, di warung Bu Bayana ini juga menyediakan Es Dawet Siwalan. Jika Es Dawer Bathil sebelumnya memiliki isi yang banyak, maka Es Dawet Siwalan ini hanya berisi potongan-potongan Ental saja. Dengan dituangi sirup gula jawa atau gula merah dan siraman kuah santan sama seperti Es Dawet Bathil. Selain itu di warung ini juga menyediakan cemilan aneka gorengan jika ingin menikmati sajian Es Dawet Bathil/Siwalan tadi sambil nongkrong. Harga yang dipatok untuk satu mangkuk Es Dawet Bathil atau satu gelas Es Dawet Siwalan cukup murah, yaitu IRD 3.000,- saja, kalau untuk gorengannya @gorangan IDR 500,-.

Nah gimana bray n sist, tertarik mencobanya?? Silahkan berkunjung ke Kota Lamongan, karena kuliner ini khas dari Lamongan.
Sekian sampai ketemu di artikel ayas selanjutnya.. :D

0 comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan kritik, saran, atau pertanyaan tentang artikel ini atau artikel-artikel lain di blog ini pada kolom komentar yang sudah teresedia..
Jika artikel di atas menarik, silahkan dibagikan kepada orang lain dengan klik menu "SHARE" dan sertakan link sumber..
Terima kasih..

Recent Comments

Subscribe

Daftarkan email kamu untuk
berlangganan artikel terbaru dari kami

Powered by FeedBurner