Random Post

12:27 PM
0
Siang bray n sist :D oiya sebelumnya ayas mau ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa bulan Rajab bagi yang sedang menjalankan. :)
Nah, ada apa gerangan ayas muncul siang bolong begini?? Ayas kali ini mau berbagi informasi mengenai Google yang baru saja meluncurkan 5 bahasa baru untuk fitur Google Translate mereka. Ya meski informasi yang ayas posting kali ini udah telat tapi gak apalah, yang penting berbagi ilmu itu baik.
google translate banner

Setelah ayas cari di internet tentang informasi ini, google telah menambah lima bahasa baru ke dalam kamusnya, yaitu: Bosnian, Cebuano, Hmong, Javanese, dan Marathi.
  • Bosnian : adalah bahasa resmi dan keseharian warga negara Bosnia Herzegovina
  • Cebuano : adalah bahasa yang digunakan hampir 18 juta jiwa di negara Filipina, tepatnya di wilayah Filipina bagian tengah dan daerah Mindanaw. Bahasa ini juga diucapkan di Amerika Serikat.
  • Hmong : adalah bahasa yang digunakan oleh etnis Tiongkok, Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar.
  • Javanese : adalah salah satu bahasa yang ada di Indonesia yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari oleh penduduk Jawa seperti wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian di Jawa Barat dan penduduk Suriname di Amerika Selatan.
  • Marathi : adalah bahasa resmi negara bagian Maharashtra, India. Bahasa ini hampir digunakan oleh 65 juta penduduk India secara keseluruhan.
google translate

Seperti itulah tampilannya.
Kamudian dari percobaan yang penulis lakukan untuk bahasa Jawa, masih terdapat kekurangan, mungkin karena bahasa Jawa ini masih dalam versi Beta (percobaan). Sedangkan untuk empat bahasa lainnya kecuali bahasa Bosnian, dari artikel yang penulis baca juga masih dalam versi Beta dan untuk bahasa Bosnian sudah dalam versi Alpha.
Tapi meski begitu, kita bisa bangga dengan bahasa Jawa kita yang bisa masuk ke dalam kamus Google. Mungkin untuk kedepannya pihak Google akan memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut.
Okee, sekian dulu artikel dari ayas, semoga bermanfaat. :)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan menyampaikan kritik, saran, atau pertanyaan tentang artikel ini atau artikel-artikel lain di blog ini pada kolom komentar yang sudah teresedia..
Jika artikel di atas menarik, silahkan dibagikan kepada orang lain dengan klik menu "SHARE" dan sertakan link sumber..
Terima kasih..

Recent Comments

Subscribe

Daftarkan email kamu untuk
berlangganan artikel terbaru dari kami

Powered by FeedBurner